Rabu, September 02, 2009

apa masih ada keberadaannya...???

...dulu setiap hari sabtu aku selalu baca koran dan yang pertama aku cari (lihat) adalah halaman yang ada lowongan pekerjaannya, karena pada hari sabtu biasanya iklan-iklan lowongan pekerjaan banyak sekali yang ditampilkan. Setelah mengamati satu persatu iklan yang ditawarkan terkadang ada yang sesuai maupun tidak sesuai dengan klasifikasi yang dibutuhkan, ya namanya juga iklan (pikirku...).
Dan kalaupun ada (sesuai) aku pun biasanya langsung siap-siap untuk membuat surat permohonan lamaran pekerjaan dan mempersiapkan segala persyaratannya/kelengkapannya (standart saja). Karena kebetulan jaman, periode dan tahun segitu belum ramai-ramainya memakai komputer (jadul banget...), jadi kalau membuat surat lamaran masih sering menulis pakai tulisan tangan. Kalaupun disyaratkan menggunakan komputer ya terpaksa aku mencari tempat rentalan komputer, biasanya tempat yang aku tuju adalah daerah sekitar kampusku..(jauh banget... kayak mau kuliah lagi...)


Kotak Pos
(depan Kantor Pos - Malang)



Setelah semuanya beres dan siap untuk dikirim, aku langsung pergi ke kantor pos. Dan supaya pengiriman cepat sampai tujuan biasanya aku menggunakan fasilitas pengiriman 'kilat khusus', memang fasilitas ini 'agak' sedikit lebih mahal dibandingkan kalau pengiriman memakai perangko biasa. Selisih waktu/hari juga menentukan bisa sampai 2-3 hari kalau pengiriman dengan perangko biasa.
Di kotak pos inilah aku biasanya mengirimkan surat lamaran pekerjaan itu. Dengan sedikit berharap tentunya supaya surat lamaranku segera sampai tujuan dan dengan harapan semoga segera dapat balasan.
Oh ya biasanya kalau aku kirim surat lamaran aku selalu ditemani oleh keponakanku.
Seiring dengan bergantinya waktu dan setelah sekian lama aku tidak pernah 'menengok' kantor posku ini, ada perubahan apa yang sedang terjadi...?
Maklum sekarang eranya sudah berbeda, masyarakat sekarang sudah banyak menggunakan komputer. Jadi sekarang yang berkaitan dengan masalah (kebutuhan) dasar, kebanyakan sudah pakai komputer. Apalagi dalam surat-menyurat, kita tinggal kirim pakai email sudah tinggal beres. Apakah 'kotak pos'ku itu masih setia menunggu surat yang mau dikirim...??ataukah sekarang tinggal "monumen" sejarah...??



Kantor Pos - Malang








...sejarah itu tampaknya hanya tinggal kenangan dan tidak mungkin akan terulang, dan yang pasti kenangan itu selalu menyertai dalam setiap kehidupan anak manusia.

Apakah sejarah indah itu masih bisa dirasakan oleh generasi sekarang...?
Senang dan sedih rasanya kalau mendengar berita-berita di media mengenai perubahan kota Malang, senang karena Malang berkembang dengan pesatnya dan sedih karena imbas dari perubahan itu banyak mengorbankan wajah kota Malang. Biarpun aku bukan ahli sejarah, bukan ahli tata kota dsb, aku hanya seorang yang sangat mencintai kotanya. Karena aku lahir dan besar dikota Malang tercinta. Dengan perkembangan kota Malang yang sudah sedemikian pesatnya (parah...??) sampai-sampai ada berita bahwa kantor pos Malang akan dijadikan mall. Pembangunan mall yang satu belum selesai/beres sekarang mau bikin mall lagi...?? Kebijakan apa ya yang dibuat oleh pemerintah kota Malang. Ko senangnya buat mall, ruko dan ruko... ??
Di gedung/kantor inilah aku dulu selalu berharap akan terjadi perubahan dalam hidupku (berharap pada surat lamaran yang sering aku kirim). Dan juga berharap semoga di gedung/kantor inilah banyak kisah-kasih yang selalu menyertai dalam perjalanan hidup manusia (khususnya warga kota Malang...)
Sejarah itu tampaknya tinggal menunggu waktu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar