Kamis, Agustus 06, 2009

romansa kota Malang...


Balai Kota Malang
icon Kota Malang

Setiap pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau (pancaroba), antara bulan Juli - Agustus, udara (suhu) di kota Malang pasti sangat dingin sekali (makanya sama orang-orang Londo biyen), Malang di jadikan sebagai tempat pelesir (istirahat). Dan tidak salah pula kalau Malang menunjukkan 'jati diri'nya sebagai kota dingin, yang pastinya orang Malang menyebut udara dingin ini dengan kosakata 'mbedhidhing' (dingin yang luar biasa).

... dan sudah beberapa tahun ini perkembangan Kota Malang sangat berkembang pesat. Ini ditandai dengan berbagai bangunan baru yang berdiri (dibangun). Baik ditengah/pusat kota maupun dipinggiran kota. Dulu perkembangan kota masih berpusat ditengah kota atau daerah sebelah barat. Karena daerah sebelah barat sangat banyak sekali berdiri perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. (catatan mengenai jaman sekolah dan beberapa perguruan tinggi dikota Malang sudah aku tulis disini).
Sedang potensi daerah timur masih belum 'sempat terpikirkan. Sebenarnya daerah timur tidak kalah menariknya dengan wilayah barat, selain tanahnya berkontur (berbukit), di wilayah timur ini juga masih sangat asri. Dan kalau dilihat di tengah kota wilayah timur ini masih sangat hijau.


Balai Kota Malang
di malam hari...

...pada kesempatan tertentu, aku selalu mencari informasi mengenai perkembangan kota Malang. Dan karena perkembangan teknologi sudah sedemikian pesatnya, maka untuk mencari berita atau informasi mengenai kota Malang sekarang juga sangat banyak dan mudah sekali. Salah satunya ya lewat internet. Salah satu hal yang pasti aku banggakan mengenai kotaku adalah prestasi yang selalu dicapai, baik dalam bidang pembangunannya, kebersihan, pendidikan dan yang tak kalah fenomenal adalah dibidang olah raganya. Tahu sendirilah kalau kota Malang identik dengan Arema, yaitu suporter sepak bola fanatik dari kota Malang.
Aku tidak akan bercerita secara panjang lebar (mendetail) mengenai kota Malang, aku cuma sekedar 'menulis' (mengenai apa saja) tentang kotaku.



Block Office
Pusat perkantoran baru Kota Malang

Kabar/informasi yang sangat 'up to date' adalah, karena sekarang dikota Malang sudah dibangun Pusat Perkantoran Terpadu atau Block Office Center. Dan Block Ofice ini rencananya merupakan pusat pelayanan publik Kota Malang. Dimana seluruh aktivitas pelayanan Publik Kota Malang akan terpusat sehingga diharapkan warga Kota Malang tidak perlu lagi mondar mandir kesana kemari hanya untuk mengurus perijinan dan sebagainya. Cukup disatu tempat dan urusan tersebut cepat terselesaikan. Karena fungsinya adalah sebagai pusat layanan satu atap terpadu.
Bahkan rencananya Pemkota Kota Malang juga akan memindahkan seluruh aktifitas pemerintahan kedalam kawasan ini. Dan rencana ini akan direalisasikan tahun ini.

Bagaimana dengan kantor walikota yang lama, yaitu Balai Kota yang merupakan icon Kota Malang... ? Menurut berbagai informasi (kayak wartawan ae...) kabarnya Gedung Balai Kota Malang tersebut akan dirubah menjadi sebuah Hotel. Pengalihan fungsi Balai Kota menjadi Hotel ini dengan alasan dan pertimbangan bangunan tersebut saat ini sangat strategis dan memiliki nilai yang tinggi.
Balai Kota Malang bukan yang pertama bangunan bersejarah di kota Malang yang berubah fungsi menjadi bangunan 'komersil', dulu ada RRI (Radio Republik Indonesia) yang sudah lebih dulu menjadi sebuah hotel.

Dan dalam catatanku yang lain, pernah juga aku tulis (singgung) mengenai keberadaan 'Kantor Pos' Malang yang akan berubah fungsi menjadi mall, dengan 'sedikit' ada embel-embelnya Mall Kantor Pos. Perubahan seolah tiada henti melanda kotaku...

...Romantisme kota Malang yang dulu 'hanya' diperuntukan bagi warga Londo dan sampai saat ini masih bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat (warga kota Malang). Apakah nanti 'hanya' dinikmati bagi mereka-meraka (kalangan tertentu) yang perlu suasana Romantis saja....???

Dinginnya udara Kota Malang malam itu, seakan tidak 'mereka' hiraukan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar